aku berkarya dalam alat peraga
melihat
by sidi nurzengky ibrahim
date kamis 30052013 jam 07:57
=======================
pendahuluan
---------------
haha ternyata maket pembuatan mediaFILM DVD pembelajaran sejarah alat peraga aku berkarya dalam alat peraga melihat
pembahasan
--------------
NASKAH SEPERTI SOSIODRAMA DRAF ATAU SEKENARIO AKU BUAT SEJARAH ASIA SELATANakhir
-----
cukup bagus dan indah sekali aman pleksibel sesuai rpp
==catatan===
RPP RANCANGAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)WORKSHOOP
Mata Kuliah : SEJARAH ASIA SELATAN
Semester, SKS: II, 2SKS
Prodi: PENDIDIKAN SEJARAH
Waktu: 180 menit
Pertemuan ke-: 1
Dosen: Drs Nurzengky Ibrahim, MM.
|
Hari selasa tanggal 11 bulan
desember tahun 2012 ruang K 307
|
Capaian Pembelajaran (Course Learning Outcome)
Menjelaskan kondisi wilayah
dan masyarakat Asia Selatan :
Kognitif
A.
product
1.
Disediakan peta buta kawasan
Asia Selatan mahasiswa dapat
menjelaskan kondisi geografi dengan 80 % benar
2.
Disediakan peta wilayah Asia
selatan, mahasiswa dapat menganalisis perkembangan kebudayaan dan peradaban
kawasan Asia Selatan
3.
Disediakan peta Asia Selatan
mahasiswa dapat mendiagramkan proses perkembangan sosial politik dari
masyarakat kesukuan menuju masyarakat negara
B.
proses
1.
mencari informasi geografi
sejarah asia selatan dari berbagai
sumber termasuk searching internet
2.
melakukan tabulasi data karakteristik lingkungan fisik, sosial, budaya Asia Selatan
Afektif (kalau ada)
·
Menyadari kondisi multikultur di Asia Selatan
|
Materi Pembelajaran
·
Konsep Tinjauan geografi Asia Selatan
·
Pembagian wilayah
· Keadaan kelompok-kelompok bahasa
|
Alat/ Bahan yang diperlukan
1.
Media
berupa gambar-gambar pantai, dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan
2.
Laptop, LCD
|
Model Pembelajaran
1.
Nama Model:
Kooperatif Tipe JIGSAW
2.
Langkah Pokok atau Sintaks
a)
Pembentukan kelompok asal
b)
Pembagian materi untuk
dipelajari individu
c)
Pembentukan kelompok
ahli
d)
Diskusi dalam kelompok ahli
e)
Tim ahli presentasi dan
terjadi diskusi di kelompok asal
f) Evaluasi dan konfirmasi
3.
Dampak Instruksional dan Pengiring:
a. Dampak Instruksional:
-
Mencari informasi yang relevan
-
Menyusun informasi
-
Menguasai konsep
-
Menyajikan/mengkomunikasikan ide
-
Berargumentasi
b.
Dampak Pengiring:
-
Tekun dan bersungguh-sungguh
-
Respek terhadap orang lain
-
Menghargai pendapat orang lain
-
Bertanggung jawab
|
Pengetahuan I
Sejarah
Kawasan
ini mempunyai sejarah yang panjang. Peradaban kuno berkembang di sekitar Lembah
Sungai Indus (lihat: Peradaban
Lembah Indus). Masa sebelum abad ke-18 merupakan masa keemasan kawasan ini, saat Kekaisaran
Mughal
berkuasa di sebelah utara. Penguasa kolonial Eropa kemudian memimpin
penjelajahan kawasan ini, awalnya Portugis dan Belanda, namun kemudian Kekaisaran
Britania
dan Perancis. Sebagian besar dari Asia Selatan memperoleh
kemerdekaan dari Eropa pada akhir 1940-an.
Asia
Selatan adalah
sebuah wilayah geopolitik di bagian selatan benua Asia, terdiri dari daerah-daerah di dan sekitar anak
benua India. Wilayah ini dibatasi oleh Asia Barat, Tengah, Timur, dan Tenggara. Wilayah Asia Selatan meliputi 10% luas
benua Asia, kira-kira 4.480.000 km² tetapi populasinya mencakup 40% populasi
Asia. Kebanyakan dari daerah itu mendapat pengaruh budaya India.
Pengetahuan II
Definisi
Umumnya,
yang disebut Asia Selatan adalah negara-negara atau daerah berikut:
- Bangladesh
- Bhutan
- India
- Maladewa
- Nepal
- Pakistan
- Sri Lanka
- Teritori Britania di Samudera Hindia
Seluruh
wilayah tersebut, kecuali Tibet dan Teritori Britania, tergabung dalam South Asian Association for Regional
Cooperation bersama Afganistan. Subwilayah Asia Selatan di PBB mencakup wilayah di atas ditambah Afganistan
dan Iran. Iran memang kadang dimasukkan ke Asia
Selatan, walaupun kadang juga disebut Asia Barat. Selain itu, Myanmar juga kadang digolongkan ke Asia Selatan.
Pengetahuan III
Geografi Asia Selatan
Secara geografis, Asia Selatan berbatasan dengan Asia Tengah di utara, Asia Timur, di timur, Asia Tenggara di sisi tenggara, Asia Barat di sebelah barat dan dengan Samudra Hindia di sebelah selatan. Pegunungan Himalaya merupakan batas utara dan timur Asia
Selatan, sedangkan Laut Arab dan Teluk Bengali merupakan batas selatannya. Pegunungan Hindu Kush di Afganistan dan Pakistan utara biasanya dianggap sebagai batas barat laut anak benua India.
Citra satelit kawasan Asia Selatan.
Secara geologis, sebagian besar daerah ini dianggap sebagai anak benua karena mempunyai lempeng tektonik sendiri, yaitu Lempeng India, yang terpisah dari bagian Eurasia lain dan dulunya merupakan benua kecil
sebelum bertumbukan dengan Lempeng Eurasia. Bahkan hingga kini Lempeng India masih
terus bergerak ke arah utara sehingga mengakibatkan pegunungan Himalaya semakin tinggi beberapa sentimeter setiap
dasawarsa. Selain itu, Asia Selatan juga merupakan tempat ditemukannya
ciri-ciri geografis yang umumnya ditemukan di benua yang lebih luas, misalnya sungai es, hutan hujan, lembah, padang pasir, dan padang rumput di wilayah yang hanya setengah luas Amerika
Serikat.
Penduduk
Asia Selatan mempunyai ciri-ciri istimewa yang membedakan mereka dari kawasan
Asia lainnya; bangsa dan kebudayaan yang dominan adalah Indo-Eropa dan Dravidia. Para penduduknya juga mempunyai kedekatan yang lebih dengan Eropa dibandingkan dengan wilayah Asia lainnya,
kecuali di Plato Iran dan Kaukasus.
Asia
Selatan merupakan salah satu kawasan yang terpadat penduduknya di dunia.
Sekitar 1,6 miliar jiwa tinggal di kawasan ini—sekitar seperempat dari seluruh
penduduk dunia. Kepadatan penduduk di Asia Selatan sebesar 305 jiwa per kilometer
persegi
sama dengan tujuh kali rata-rata dunia.
Materi 01. Peta geografi
sejarah asia Selatan
Peta buta seajarah asia
selatan
Materi geografi dalam Peta buta sejarah Asia
Selatan
Materi 02 menganalisis perkembangan kebudayaan dan peradaban kawasan
Asia Selatan
no
|
Negara
|
|
1
|
|
|
|
Analisis budaya
|
|
|
Analisis peradakan
|
|
2
|
|
|
|
Analisis budaya
|
|
|
Analisis peradakan
|
|
3
|
|
|
|
Analisis budaya
|
|
|
Analisis peradakan
|
|
4
|
|
|
|
Analisis budaya
|
|
|
Analisis peradakan
|
|
5
|
|
|
|
Analisis budaya
|
|
|
Analisis peradakan
|
|
6
|
|
|
|
Analisis budaya
|
|
|
Analisis peradakan
|
|
7
|
|
|
|
Analisis budaya
|
|
|
Analisis peradakan
|
|
Materi 02Tabulasi proses perkembangan sosial politik dari masyarakat kesukuan menuju
masyarakat negara dikawasan Asia selatan
no
|
Negara
|
kesukuan
|
Masyarakat negara
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
============
Tidak ada komentar:
Posting Komentar